ALQUR'AN ITU GAK BAKAL BIKIN STRESS APALAGI GILA. ASAL...



Alqur'an itu mukjizat seorang Nabi.

Betapa istimewanya ketika kita masih bisa merasakan mukjizat itu

Alqur'an itu gak bakal bikin anak kecil STRESS apalagi GILA

Asal...

Gak diPAKSA, tapi diGIRING dari jauh-jauh hari.

Digiring supaya CINTA.

caranya biar CINTA ?

Yaaa, dibikin HAPPY

dan sebisa mungkin jauhin hal-hal yang bikin berpaling HATI

Target pertama itu bukan cepet bisa baca atau ngafalin

Target pertama itu bikin CINTA dulu

Sebab namanya orang Kasmaran, apa aja mesti bakal dilakuin sepenuh hati kan..eaaaa💃🏽💃🏽

*****
Berdasarkan pengalaman pribadi yang terinspirasi juga dari pengalaman oranglain.

Jadi, saya memulai mengenalkan huruf-huruf Alqur'an sejak ia belum bisa berbicara.

Dan ketika sudah bisa bicara 2 suku kata yang bermakna disitulah saya mulai mengajarkan. Tidak sekedar mengenalkan atau memperlihatkan.

Jadi, anak disuruh mengulang apa yang saya katakan dan menjawab pertanyaan saya.

Huruf-hurufnya pun dimulai dari yang mudah menurut si anak. Menurut si anak. Bukan menurut ibunya.

Jadi, suka-suka dia aja. Gak masalah tidak berurutan.

Pokoknya hari-hari dia itu lebih banyak mendengar dan melihat terkait hijaiyah.

Misal ,  kalau saya ngasih dia video atau kartun, saya akan memberikan video tentang belajar huruf hijaiyah. 

Dimana sekarang sudah sangat mudah menemukannya di internet.

Sampe saya kalo mau ngasih dia game di handphone. Ya yang berbau hijaiyah juga.

Saya berusaha semaksimal mungkin menghindari atau mengurangi yang tidak ada kaitannya dengan Alqur'an.

Dirumah juga porsi musik-musikan dirumah lebih besar untuk murotal dan yang lebih penting ibunya juga harus banyak tilawah dari mulutnya langsung. Supaya lebih berkah. In syaa Allah.

Hasil sementara yang saya rasakan saat ini adalah

Di usianya yang belum sampai 2,5 tahun.

Anak sudah hafal beberapa huruf seperti ya, Ha (besar), alif, ba, ta, ja, kho, fa, mim, nun, wa, dll.

Sebenarnya target awal saya itu langsung aja ke hijaiyah yang berharokat fathah bukan pada nama si huruf seperti mim, nun gitu.

Tapi, dikarenakan konten yang tersedia banyaknya nyebutin nama huruf hijaiyah itu tadi, jadi si anak lebih hafal nama hurufnya deh.

 Yaudahlah gak papah

Meski ada juga beberapa huruf yang mirip dia masih belum bisa membedakannya.

Ketika dia sedang asyik sendiri, entah lagi ngapain gitu.

Terkadang dia ngoceh-ngoceh sendiri kan. Dan ocehan yang dikeluarkannya itu huruf-huruf hijaiyah.

Jadi, anak kelihatan senang sendiri aja belajar Alqur'an.

Gak perlu pake teriak-teriak maksa anak ngaji. Hehe

Menurut saya, passion anak-anak kita itu bisa dibentuk. Sejak dini.

Alah bisa karena terbiasa.

Perkara nanti saat besar dia berubah pikiran ya itu terkait soal hidayah Allah yah. Hehehe

Yang penting kita sudah berikhtiar.

Mungkin sama halnya jika ada orangtua yang menginginkan anaknya jadi dokter.

Gak, kucluk kucluk udah gede dipaksa "pokoknya kamu harus kuliah di kedokteran kalo enggak hmmm !!!"

Yah, harusnya jangan sampai begitu. Kalo bisa ya dianya aja yang minta sendiri.

Gimana caranya?

Ya dari kecil, dari awal-awal dia udah dijejelin sama yang berbau-bau medis.


Biar tumbuh kesadaran dari diri sendiri.

Dan ada sikap yang harus saya pakai terus selama KBM ini untuk mencapai kesuksesan.

Yakni, Hayyin Layyin Qorib Sahl. Sudah tau?

Nah, itulah kunci menuju kelancaran dalam proses ini. Yang saya masih butuh jam terbang yang gak sedikit tentunya.

*********

Oh ya buibuuu.

Mau menghafal Alqur'an bareng metode 5 waktu atau 5 bagian  ?? 

Pokonya metode ini pas banget buat yang ingin menghafal Alqur'an, punya balita, ga ada pembantu,  harus nyambi jadi ojek buat anter anak-anak sekolah yg beda-beda tempat... 

Sempat merasa gak mungkin....
mana bisa....
Mana ada waktu...
Buta bahasa arab pula....

Seabreg alasan untuk ngeremehin otak ciptaan  Allah yang maha kuasa, tapi kenapa orang lain bisa?

Dengan keterbatasan fisik,waktu atau pengetahuan. " kenapa ga dicoba?

Dapat sedikitpun tak apa, yang penting setiap hari always muroja'ah ❤️

Semoga Channel Youtube yang saya garap ini bisa menginspirasi kaum ibu dan calon ibu. Terlebih ibu rumah tangga agar semangat menghafal Al Qur'an.

Channel Youtube:
Ibu Rumah Tangga


Klik: s.id/IbuRumahTanggaYoutube (hanya diupload tiap pekan saja)

Like, Share, Comment,  Subscribe🙏🏻

Konten:
✅motivasi menghafal singkat nan berkesan

✅tema ayat yg dihafal, 

✅bacaan ayat per 3 baris berulang-ulang selama +- 5 menit

Bagi yang ingin filenya, supaya bisa nyetel terus tanpa kuota dan gangguan lainnya bisa kami kirim melalui gmail / whatsapp anda ya.

Caranya:

Infaq : Pulsa 5rb aja untuk setiap pengiriman 5 video

Jazaakumullaah khairan katsiiran



Tidak ada komentar: